Tanda - Tanda Demam Pada Anak Menjadi Serius

Kapan Demam Merupakan Tanda Sesuatu yang Serius?


Pada anak-anak yang sehat, tidak semua demam perlu diobati. Namun demam tinggi dapat membuat anak tidak nyaman dan membuat masalah (seperti dehidrasi) menjadi lebih buruk.
Dokter memutuskan apakah akan mengobati demam dengan mempertimbangkan suhu dan kondisi keseluruhan anak.

Anak-anak yang suhunya lebih rendah dari 102 ° F (38,9 ° C) sering tidak membutuhkan obat kecuali mereka tidak nyaman. Ada satu pengecualian penting: Jika bayi 3 bulan atau lebih muda memiliki suhu dubur 100,4 ° F (38 ° C) atau lebih tinggi, hubungi dokter Anda atau segera pergi ke gawat darurat. Bahkan sedikit demam bisa menjadi tanda infeksi yang berpotensi serius pada bayi yang sangat muda.

Jika anak Anda berusia antara 3 bulan dan 3 tahun dan mengalami demam 102,2 ° F (39 ° C) atau lebih tinggi, hubungi untuk melihat apakah dokter Anda perlu melihat anak Anda. Untuk anak-anak yang lebih besar, pertimbangkan tingkat perilaku dan aktivitas. Memperhatikan perilaku anak Anda akan memberi Anda gagasan yang cukup baik tentang apakah penyakit ringan adalah penyebabnya atau apakah anak Anda harus diperiksa oleh dokter.

Penyakitnya mungkin tidak serius jika anak Anda:

  • Masih tertarik bermain
  • Sedang makan dan minum dengan baik
  • Waspada dan tersenyum pada Anda
  • Memiliki warna kulit normal
  • Terlihat baik ketika suhunya turun
Dan jangan terlalu khawatir tentang anak dengan demam yang tidak mau makan. Ini sangat umum dengan infeksi yang menyebabkan demam. Untuk anak-anak yang masih minum dan buang air kecil secara normal, tidak makan sebanyak biasanya boleh-boleh saja.

Apakah ini Demam?

Ciuman lembut di dahi atau tangan yang diletakkan ringan di kulit sudah cukup untuk memberi Anda isyarat bahwa anak Anda demam. Namun, metode pengukuran suhu ini (disebut suhu sentuhan) tidak akan memberikan pengukuran yang akurat.
Gunakan termometer digital yang dapat diandalkan untuk mengonfirmasi demam. Ini demam ketika suhu anak di atau di atas salah satu level ini:
  • Meletakan Termometer di mulut anak 100 ° F (37,8 ° C)
  • Diukur secara rektal (di bagian bawah): 100,4 ° F (38 ° C)
  • Diukur dalam posisi aksila (di bawah lengan/ketiak): 99 ° F (37,2 ° C)
Tetapi seberapa tinggi demam itu tidak memberi tahu Anda seberapa sakit anak Anda. Pilek sederhana atau infeksi virus lainnya kadang-kadang dapat menyebabkan demam yang agak tinggi (dalam kisaran 102 ° -104 ° F / 38.9 ° -40 ° C), tetapi ini biasanya tidak berarti ada masalah serius. Faktanya, infeksi serius, terutama pada bayi, mungkin tidak menyebabkan demam atau bahkan suhu tubuh rendah (di bawah 97 ° F atau 36,1 ° C).

Karena demam dapat naik dan turun, seorang anak mungkin kedinginan ketika suhu tubuh mulai naik. Anak mungkin berkeringat untuk melepaskan panas ekstra saat suhu mulai turun.
Terkadang anak-anak dengan demam bernafas lebih cepat dari biasanya dan mungkin memiliki detak jantung yang lebih cepat. Hubungi dokter jika anak Anda mengalami kesulitan bernapas, bernapas lebih cepat dari biasanya, atau masih bernapas cepat setelah demam turun.

0 Responses to “Tanda - Tanda Demam Pada Anak Menjadi Serius”

Posting Komentar